*About Me*

28 Oktober 2010

SUMPAH PEMUDA

Mumpung hari ini hari Sumpah Pemuda, jadi kali ini saya akan membahas tentang Sumpah Pemuda, yuukk!! di simak ....

*SEJARAH SUMPAH PEMUDA*


Pada tanggal 28 oktober 1928 lalu ada sebuah peristiwa besar. Pada saat itu para pemuda indonesia berjuang mati-matian demi memperjuangkan indonesia. Pada saat itu juga para pemuda di Indonesia atau dulunya di sebut Nusantara mengikrarkan sebuah sumpah yang kemudian hari itu di sebut dengan "Sumpah Pemuda". Dan sampai saat ini tanggal 28 Oktober masyarakat indonesia masih memperingatinya sebagai hari "Sumpah Pemuda".

Sebelum terjadinya sumpah pemuda, ada beberapa proses, diantaranya:
  1. Kongres Pemuda I : Kongres pemuda I di adakan pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 di Yogyakarta dan menghasilakan sebuah kesepakatan mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi dan budaya.
  2. Setelah melaksanakan Kongres Pemuda I, para pemuda juga sepakat mengadakan Kongres Pemuda II. Dan dari sinilah mulai ada sebutan Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda II menghasilkan trilogi Pemuda yaitu: Satu NUSA, Satu BANGSA, Satu BAHASA; Indonesia, sekaligus di tetapkannya lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR. Supratman senbagai lagu kebangsaan Negara Indonesia.
*TEKS SUMPAH PEMUDA*

Teks Sumpah Pemuda uang di rumuskan oleh Muhammad yamin dan di ikrarkan oleh Pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 atau pada Kongres Pemuda II bertempat di Jl. Kramat Raya No.106 Jakarta Pusat ( Museum Sumpah Pemuda ).
yang berisi:

"SOEMPAH PEMOEDA"

Pertama :
"KAMI POETRA - POETRI INDONESIA MENGAKOE TOEMPAH DARAH INDONESIA JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA"
Kedoea :
"KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA"
Ketiga :
"KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA"

Djakarta, 28 Oktober 1928

Sumpah Pemuda juga merupakan wujud kecintaan kepada negara indonesia, jadii buat para Pemuda Indonesia, mari bersama-sama kita membangung Negara tercinta ini, Belajar dengan sungguh-sungguh, agar kita dapat menjadi penerus Bangsa yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Activities